• SMP Al-Madina Wonosobo
Ikuti Gladi Resik Simulasi UNBK, SMP Al-Madina Siap Laksanakan UNBK Mandiri

Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Tahun 2019, sejumlah persiapan telah dilaksanakan oleh seluruh sekolah penyelenggara UNBK. Demikian pula yang dilakukan SMP Al-Madina Boarding School Wonosobo. Pada tahun ke 3 keikutsertaan UNBK, SMP Al-Madina kembali menyelenggarakan UNBK secara mandiri lagi. Hal ini tidak terlepas dari peranan orangtua siswa yang secara swadaya membantu pengadaan laptop. Sementara itu, fasilitas lain seperti komputer server, instalasi jaringan, dan ruang ujian semua terpenuhi secara mandiri.

"Jadi, siswa membawa laptop sendiri-sendiri agar dapat melaksanakan UNBK. Walaupun tidak semua siswa membawa. Yang penting ada laptop sejumlah minimal separuh jumlah siswa peserta UNBK." Terang Faizal Arifin, S.E., M.Pd. selaku Wakasek sekaligus penanggungjawab teknis pelaksanaan UNBK.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak menghambat pelaksanaan UNBK, baik dari sisi teknis maupun non teknis seperti mental siswa. Kesiapan SMP Al-Madina menyelenggarakan UNBK secara mandiri mendapat sambutan positif dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonosobo. Disdik Kabupaten Wonosobo mempercayakan SMP Al-Madina menjadi sekolah induk pelaksanaan UNBK bagi SMP lain. Sama seperti tahun sebelumnya, SMP Al-Hayat Wonosobo sejak simulasi sampai pelaksanaan UNBK menginduk di SMP Al-Madina. Untuk tahun ini, bertambah satu sekolah lagi yang menginduk, yaitu SMP Al-Alawiyah Wonosobo.

Selain persiapan teknis, persiapan mental dan attidtude siswa sejak sebelum masuk ruangan hingga selesai mengikuti UNBK juga tidak lepas dari perhatian. Siswa-siswi dibimbing secara detail dari cara masuk, bersikap di dalam ruangan, hingga bagaimana cara menyikapi jika menjumpai sistem error.

Menurut salah satu siswa kelas 9 peserta UNBK, Farra Kurnia yang merasa senang mengikuti Gladi Resik, segala persiapan berkaitan dengan UNBK ini sangat membantu, terutama pada kesiapan mental selain kesiapan secara teknis. Senada dengan Farra Kurnia, MH Muchib Science mengungkapkan Gladi Resik ini menyenangkan dan jelas membantu bagaimana harus melaksanakan UNBK.

Gladi Resik UNBK yang dilaksanakan selama dua hari mulai Senin, 18 Maret 2019 ini, terbagi pada 3 sesi. Sesi pertama dan kedua untuk siswa SMP Al-Madina, sesi ketiga untuk sekolah yang menginduk. Adapun tempat pelaksanaan di ruang gedung baru lantai 2.

"Selama pelaksanaan Gladi Resik, alhamdulillah kami tidak menemukan kendala yang menghambat.", Jelas Proktor UNBK, Aji Jaya Wiguna, S.Pd.

Melihat kesiapan tersebut, Kepala SMP Al-Madina, Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. memohon doa restu kepada semua pihak agar selama simulasi hingga pelaksanaan UNBK dapat berjalan lancar, sukses, dan berhasil dengan prestasi untuk siswa-siswi angkatan ke-4 ini.

KOMENTARI TULISAN INI
TULISAN TERKAIT